BULAN BAHASA BALI VI DESA KERTA TAHUN 2024

07 Februari 2024
I Wayan Erna Suyana, S.Kom
Dibaca 240 Kali
BULAN BAHASA BALI VI DESA KERTA TAHUN 2024

Kerta, 2 Pebruari 2024. Bulan Bahasa Bali VI digelar Pemerintah Desa Kerta pada hari Jumat, 2 Pebruari 2024. Pelaksanaan Bulan Bahasa Bali VI diisi dengan 4 wimbakara atau perlombaan dan 1 Utsawa (Festival). Pada pelaksanaan Bulan Bahasa Bali VI ini di buka Oleh Bapak Camat Payangan, Perbekel Kerta, Koordinator Penyuluh Bahasa Bali Provinsi Bali, Koordinator Penyuluh Bahasa Bali Kabupaten Gianyar, UPT Dikpora Kecamatan Payangan dan Wakil Ketua BPD Desa Kerta.

Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali hingga tahun keenam menjadi bentuk komitmen Pemerintah Desa Kerta untuk melestarikan dan mengembangkan bahasa, aksara, dan sastra Bali. Pelaksanaan Bulan Bahasa Bali bertujuan menggugah kesadaran dan kecintaan terhadap bahasa daerah. Upaya pelindungan dan pelestarian serta pengembangan bahasa Bali pun dikuatkan dengan regulasi berupa Peraturan Gubernur Bali Nomor 80 Tahun 2018 tentang Pelindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali. Selain itu, terdapat pula Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 4 Tahun 2020 tentang Penguatan dan Pemajuan Kebudayaan Bali.

Pelaksanaan Bulan Bahasa Bali VI Tahun 2024 ini mengusung tema ”Jana Kerthi-Dharma Sadhu Nuraga”, yang dimaknai Bulan Bahasa Bali menjadi alat pemuliaan bahasa, aksara, dan sastra Bali sebagai sumber kebenaran, kebijaksanaan, dan cinta kasih untuk memperkuat jati diri krama (masyarakat) Bali.

Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali VI Tahun 2024 di Desa Kerta diisi dengan lima agenda kegiatan, yakni Utsawa Nyurat Lontar, Wimbakara Mesatua Bali Krama IstriWimbakara Gending RareWimbakara Nyurat Aksara Bali, dan Wimbakara Dharma Wacana Prajuru Adat.

VIDEO BULAN BAHASA BALI VI WARSA 2024 DESA KERTA