KEBUN PEMBIBITAN DESA KERTA: PENYEDIAAN BIBIT UNTUK MASYARAKAT MENDUKUNG KETAHANAN PANGAN

03 Januari 2024
I Wayan Erna Suyana, S.Kom
Dibaca 96 Kali
KEBUN PEMBIBITAN DESA KERTA: PENYEDIAAN BIBIT UNTUK MASYARAKAT MENDUKUNG KETAHANAN PANGAN

Desa Kerta. Dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan masyarakat, Pemkab Gianyar melalui TP PKK menggencarkan pembangunan Puspa Aman (Pusat Pangan Alami Mandiri Asri Nyaman) yang bersinergi dengan program Aku Hatinya PKK (Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman) di tingkat desa.

Mendukung kebijakan ini Pemerintah Desa Kerta di tahun anggaran 2022 melakukan kegiatan pembuatan pusat pembibitan yang berlokasi di Banjar Kerta, Desa Kerta. Kebun pembibitan ini selanjutnya akan dikelola oleh I Wayan Suamba, SP.,MP yang merupakan lulusan dari Fakultas Pertanian Universitas Udayana.

Telah berlangsung beberapa bulan kegiatan pembibitan ini akhirnya rampung dengan didominasi bambu sebagai aksen yang ditonjolkan dari setiap bangunan yang ada menambah kesan alami dan asri dari kebun pembibitan ini. Nantinya setiap hasil panen dari bibit yang diproduksi akan diberikan kepada masyarakat Desa Kerta dan ditanam sebagain di Kebun ini. Proses penenaman dan perawatan sampai kepada panen akan dilakukan oleh TP PKK Desa Kerta.

Sebelum beroperasi dilakukan kegiatan Pecaruan pada Sabtu, 7 September 2022 bertepatan dengan Purnama sasih Ketiga. Pecaruan ini dihadiri oleh berbagai kelembagaan di Desa Kerta mulai dari Pemerintahan Desa Kerta, BPD Desa Kerta, LPM Desa Kerta serta TP PKK Desa Kerta.