Sosialisasi DAK Pembangunan TPS 3R Tahun 2021 dan Tahun 2022

Sosialisasi DAK Pembangunan TPS 3R Tahun 2021 dan Tahun 2022

Pada hari ini, Senin 13 September 2021 dilaksanakan Sosialisasi DAK Pembangunan TPS 3R Tahun 2021 dan Tahun 2022 oleh Pemerintah Kabupaten Gianyar yang dipimpin langsung oleh Bapak Bupati I Made  Mahayastra. Pembangunan TPS3R ini tersebar di 36 Desa se Kabupaten Gianyar yang menelan anggaran 20 Miliar dari Dana Alokasi Khusus.

Desain Gambar TPS3R
Desain Gambar TPS3R

Rencananya poyek akan dijalankan tahun ini. Hal itu untuk menyikapi rencana Gubernur Bali, Wayan Koster yang akan menutup tempat pembuangan akhir (TPA) Suwung, Denpasar. Dana untuk pembuatan TPS3R ini disebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Kepala Bappeda Gianyar, Gede Widarma Suharta mengatakan, pembuatan TPS3R ini sebagai tindak lanjut dari kebijakan Gubernur Bali, yang akan menutup TPA Suwung. Ditutupnya TPA tersebut, dikarenakan letaknya berada di lokasi yang strategis, dekat dengan pertamina, bandara yang dinilai dapat menimbulkan bahaya.

“Berawal adanya kebijakan gubernur untuk menutup TPA Suwung karena berlokasi di wilayah strategis, ada bandara, pertamina dan perkantoran. Karena kalau di sana ada sampah, sangat berbahaya. Sehingga beliau mengambil kebijakan untuk menutup TPA Suwung,” ujarnya.

Pejabat asal Buleleng tersebut menilai, sebelum TPA Suwung resmi ditutup, kabupaten/kota yang biasa membuang sampah ke sana, diberikan dana untuk membuat sistem pengelolaan sampah sendiri.

“Pemprov meminta kabupaten yang biasa membuang sampah di sana, agar membuat pengolahan sampah dari sumber. Ada anggaran dari APBN atau DAK (Dana Alokasi Khusus) fisik cadangan dan sanitasi senilai Rp 100 miliar,” ujarnya.

Ia merinci pembagian dana tersebut untuk Kabupaten Gianyar mendapatkan jatah Rp 20 miliar. Badung dapat Rp 40 miliar, Denpasar Rp 20 miliar, Tabanan Rp 20 miliar, dan Gianyar Rp 20 miliar.

Sosialisasi DAK Pembangunan TPS 3R Tahun 2021 dan Tahun 2022
Sosialisasi DAK Pembangunan TPS 3R Tahun 2021 dan Tahun 2022

“Berdasarkan kebijakan itu Gianyar akan membuat TPS3R. Setelah dihitung, di Gianyar harus ada minimal 40 TPS3R,” ujarnya.

Namun dari target 40 tersebut, kata Widarma, saat ini sudah ada enam TPS3R, namun perlu dioptimalkan. Sehingga di tahun 2021 ini, Gianyar akan membangun 36 unit TPS3R yang baru.

“Untuk 1 TPS3R biayanya Rp 600 sampai 700 juta, dan kalau ditambah alat, sampai Rp 1 miliar. Kita juga sangat harapkan jika ada pihak swasta yang memberikan bantuan CRS dalam pembangunan TPS3R ini,” tandasnya.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan