Desa Kerta: Untuk Penyeimbangan Buana Agung dan Buana Alit, Gelar Upacara Rsi Gana.

Desa Kerta (24/10) mengadakan acara puncak Upacara Rsi Gana, Mendem Pedagingan, Ngenteg Linggih, Dan Mapedudusan Alit. Acara ini dipuput oleh Ida Rsi Bujangga dari Griya Bukian. Perbekel Kerta I Made Gunawan menjelaskan bahwa “upacara ini dilaksanakan sebagai sarana untuk penyeimbangan buana agung (alam semesta) dan buana alit (manusia)”. Upacara Rsi Gana di Kantor Desa Kerta telah melalui beberapa rangkaian sebelum mencapai puncak acara yang bertepatan pada hari Rabu yang juga merupakan hari purnama pada sasih (bulan) kelima dalam penanggalan Hindu.

Persiapan Acara yang dilakukan Gotong Royong oleh Elemen Masyarakat Desa Kerta

Upacara diawali dengan persiapan tempat acara yang diperiapkan oleh seluruh elemen masyarakat yang ada di Desa Kerta, mulai dari masyarakat, pemuda, kelihan banjar dinas sampai kepada Lembaga pemerintahan Desa.
Persiapan lokasi upacara dipersiapkan secara gotong royong mulai dari pembuatan sarana pendukung sampai kepada pemasangan alat-alat ini. Sebelumnya memang susunan panitia telah dibentuk untuk mempersipakan kelengkapan upacara namun dalam praktiknya di lapangan seluruh pihak yang terlibat saling bahu membahu untuk mensukseskan acara yang memang baru pertama kali digelar di Kantor Desa Kerta.

Ida Rsi Bujangga dari Griya Bukian Muput Acara Rsi Gana di Kantor Desa Kerta

Rangkaian acara berlanjut dengan ngias (menghias) lokasi upacara setelah sebelumnya dipersiapkan. Seluruh perwakilan dari masing-masing banjar yang ada di Desa Kerta turut ambil peran dalam acara yang dilaksanakan pada hari minggu (21/10) perwakilan pemuda mempersiapakan penjor serta hiasan yang dibuat dari ambu (daun muda dari pohon aren), ibu-ibu PKK mempersiapkan saran untuk konsumsi, serta banyak kegiatan lainya karena pada tangga 22 Oktober sudah mulai dilakukan upacara ngodal yang merupakan rangkaian sebelum mencapai puncak acara.

Dharma Wacana Ida Pandita Mpu Jaya Acharya Nanda

Puncak acara dimulai dengan meletakan sesajen pada tempat yang telah dipersiapkan sebelumnya yang dilakukan oleh ibu-ibu PKK, pada puncak acara juga dilaksanakan acara Dharma Wacana yang diisi oleh Ida Pandita Mpu Jaya Acharya Nanda yang disambut meriah oleh masyarakat Desa Kerta. Dharma Wacana sendiri dimulai sekitar pukul 08.00 WITA dan berakhir pukul 10.00 WITA. Selain kegiatan Dharma Wacana puncak acara juga diisi dengan persembahan Wayang, Tari Topeng, Baris, dan Rejang.

Upacara Rsi Gana, Mendem Pedagingan, Ngenteg Linggih, dan Mapedudusan Alit telah dipersiapkan kurang lebih tiga bulan sebelumnya dimana kegiatan ini diketuai oleh Sekretaris Desa Kerta “I Wayan Sutirta”. Undangan dari Camat Payangan sampai kepada Perbekel-Perbekel yang ada di wilayah Kecamatan Payangan juga tampak menghadiri Upacara Rsi Gana yang dilaksanakan di Desa Kerta ini.

Prosesi Upacara Rsi Gana, Mendem Pedagingan, Ngenteg Linggih, Dan Mapedudusan Alit

Upacara Rsi Gana dilaksanakan pada tahun ini karena pada tahun sebelumnya Desa Kerta telah selesai melakukan pembangunan di Kantor Desa, karenanya sangat perlu dilakukan penyucian untuk bangunan baru ini. Selain memang untuk memberikan keseimbangan antara alam dan manusia lebih lanjut Perbekel Kerta juga menyampaikan bahwa acara ini dilaksanakan untuk “menyucikan alam atau menghilangkan kotoran, supaya alam ini mendapatkan keselamatan”

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan