Desa Kerta : Sahkan Rencana Kerja Perangkat Desa.

Rencana Kerja Pemerihtan Desa (RKP Desa) Kerta merupakan rencana kerja tahunan yang menjadi acuan dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan di Desa. RKP Desa disusun oleh tim penyusun RKP atau yang lebih dikenal dengan sebutan tim sebelas. Tim sebelas dibentuk berdasarkan hasil musyawarah Desa, yang didalamnya diisi oleh beberapa perwakilan masyarakat dari bermacam kalangan dan diketuai oleh Sekretaris Desa. RKP Desa disusun berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa) yang merupakan rencana pembangunan selama lima tahunan dari Perbekel terpilih. Rancangan RKP yang telah dibuat oleh tim sebelas kemudian disahkan lewat musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Desa.

antusiasme masyarakat dalam pelaksanaan musrenbangdes

Pada kamis (11/10), Desa Kerta Kecamatan Payangan mengadakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrengbang). Kegiatan yang diadakan di Ruang Rapat kantor Desa Kerta ini di hadiri oleh Camat Payangan yang di wakilkan oleh Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakan Desa (PMD), I Wayan Ardana, Perbekel Kerta beserta jajarannya, BPD Desa Kerta, Babinsa, Babinkamtibmas, LPM Desa Kerta, Ketua TP-PKK, Bendesa Pekraman se-desa Kerta, Ketua STT maing-masing Banjar di wilayah Desa Kerta serta tokoh masyarakat lainnya.

Pemaparan materi musrenbangdes

Musrengbang Desa Kerta Tahun 2018 ini dibuka oleh camat payangan yang diwakili oleh kasi PMD. Dalam sambutannya beliau banyak menyampaikan arahan dan mensosialisaskikan instruksi Gubernur Bali Nomor 12331 berkaitan dengan penggunaan Busana Adat dan penggunaan Bahasa Bali. Di akhir sambutannya I Wayan Ardana juga menyampaikan pentingnya pembangunan yang berdampak pada masyarakat “Melalui Musrengbang Desa Kerta semakin menyentuh dari kepentingan/kebutuhan masyarakat luas” ungkap I Wayan Ardana Kasi PMD Kabupaten Gianyar.

pemaparan RKP oleh perbekel Kerta

Pada musyawarah Desa Kerta sebelumnya sudah dibentuk Tim Sebelas untuk merumuskan Rencana Kerja Pemerintah (RKP). Dalam Musrengbang ini Perbekel Kerta menyampaikan RKP yang telah disusun oleh tim sebelas yang didalamnya berisi usulan-usulan program masuk. Bidang yang masuk kedalam RKP dibagi menjadi lima bidang kegiatan yaitu: 1) Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, 2) Bidang Penyelenggaraan Pembangunan, 3) Bidang Kemasyarakatan, 4) Bidang Pemberdayaan Masyarakat, dan 5) Bidang Penanggulangan Bencana, Keadaan Darurat dan Mendesak Desa.

Dalam RKP Desa Kerta tahun 2019 masing-masing banjar yang ada di Desa Kerta mendapatkan dua prioritas usulan yang telah disepakati di masing-masing banjar untuk diusulkan dalam RKP Desa tahun 2019. Dari Usulan yang masuk ini yang disampaikan lebih dominan pada pembangunan fisik yang ada di masing-masing banjar, seperti pembangunan paruman di banjar bunteh, pembangunan balai gong di banjar saren, pembetonan jalan setapak di banjar margatengah, pembangunan jamban, serta pengadaan infrasturktur desa lainnya.

Penyerahan jaring pembatas lapangan oleh Perbekel Kerta

Bersamaan dengan kegiatan musrenbangdes ini juga dirangkai dengan penyerahan jaring pembatas lapangan kepada klub olahraga yang berada di lingkungan Desa Kerta. Jaring pembatas diserahkan oleh Perbekel Kerta dengan harapan dapat menunjang produktifitas pemuda dilingkungan Desa Kerta.

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan