BAKSOS FISIP UNIVERSITAS NGURAH RAI, BUKA PELAYANAN KEPENDUDUKAN UNTUK MASYARAKAT KERTA

Masyarakat Desa Kerta memadati kantor Desa Kerta untuk melakukan pencatatan data kependudukan dalam rangka bakti sosial yang dilaksanakan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ngurah Rai Denpasar (11/8). Pelayanan pencatatanan kependudukan ini dilaksanakan atas kerjasama antara Desa Kerta, FISIP Universitas Ngurah Rai Denpasar dengan Dinas Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Gianyar.

Antusias Masyarakat dalam Melakukan Pencatatan Administrasi Kependudukan

Pelaksanaan bakti sosial FISIP Universitas Ngurah Rai Denpasar ini sendiri dimulai pada tanggal 10 Agustus 2018 yang mengambil posko di Bumi Perkemahan Pucak Sari, yang ada di Desa Kerta. Pada saat pembukaan pelaksanaan Baksos dihadiri oleh Perbekel Kerta bersama jajaran. Meskipun sepanjang acara pembukaan hujan deras mengguyur lokasi perkemahan namun tidak menghalangi acara pembukaan yang tetap berjalan lancar. Acara pembukaan diawali dengan acara makan bersama antara Perbekel Desa Kerta bersama perangkat Desa dengan jajaran Dekanat FISIP Universitas Ngurah Rai bersama mahasiswa yang melaksanakan Baksos. Selama acara pembukaan mahasiswa tampak sangat tertib memperhatikan arahan yang disampaikan oleh Ketua panitia Baksos, terkait dengan teknis pelaksanaan kegiatan. Pembukaan kegiatan diisi dengan laporan ketua panitia, serta beberapa sambutan, yang terakhir adalah sambutan dari Perbekel Kerta yang sekaligus membuka acara secara resmi.

Masyarakat Desa Kerta Memadai Kantor Desa Kerta

Dalam pelaksanaan pencatatan administrasi kependudukan ini, dilayani beberapa keperluan masyarakat seperti perekaman e-KTP, Pembuatan Akta Perkawinan, Akta Kelahiran, serta Akta Kematian. Masyarakat Desa Kerta sendiri sangat antusias dalam rangka menyukseskan kegiatan yang diinisiasi dalam baksos ini, hal ini dibuktikan dengan membludaknya masyarakat yang mendatangi area kantor Desa Kerta untuk menyelesaikan dokumen kependudukan masyarakat yang memang belum sempat diselesaikan.

Kegiatan Bakti Sosial FISIP Universitas Ngurah Rai Denpasar

Dalam kegiatan bakti sosial ini juga didampingi oleh Perbekel Kerta bersama beberapa perangkat Desa yang juga siap siaga dalam membantu masyarakat guna mengisi blangko pencatatan administrasi kependudukan, selain perangkat Desa mahasiswa FISIP Universitas Ngurah Rai Denpasar juga ikut membantu mengarahkan pengisian blangko pencatatan kependudukan agar sesuai dengan ketentuan, bahkan tidak jarang ada mahasiswa yang membantu mengisi blanko isian catatan kependudukan milik masyarakat Desa Kerta.

Pelayanan yang Dilakukan Disdukcapil

Bakti sosial ini dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian masyarakat yang tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, selain kemudian ada pembelajaran serta penelitian. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan selama tiga hari yakni mulai hari Jumat (10/8) sampai dengan hari minggu (12/8), untuk jumlah peserta sendiri ada sekitar 300 orang yang berasal dari seluruh Civitas Akademika Fakultas Ilmu Sosial Unversitas Ngurah Rai Denpasar.
Bakti sosial ini merupakan yang pertama kalinya mengambil tempat di Desa Kerta. Selain melakukan kegiatan pelayanan pencatatan administrasi kependudukan, dalam kesempatan ini juga dilaksanakan pendataan terkait dengan data dasar keluarga seluruh kepala keluarga yang ada di Desa Kerta. Data isian ini nantinya akan digunakan untuk memetakan potensi wilayah Desa Kerta sebagai output dari pelaksanaan baksos ini. Dalam pelaksanaan pendataan tim baksos dibagi kedalam beberapa tim yang nantinya turun ke masyarakat dengan metode pengisian kuesioner untuk mendata data dasar keluarga.

Tinggalkan Balasan