PELAKSANAAN MUSYAWARAH DESA PEMBANGUNAN DESA TAHUN 2019

sambutan dalam acara musyawarah desa 2018

Musyawarah Desa (Musdes) perencanaan pembangunan Desa dilaksanakan (12/7) di ruang rapat kantor Desa Kerta. Pelaksanaan musdes kali dimaksudkan untuk merumuskan rencana pembangunan yang kan dilaksanakan pada tahun 2019. Acara ini dihadiri oleh undangan yang berasal dari berbagai instansi terkait, diantaranya Bapak camat payangan yang diwakili oleh I Wayan Ardana, ada juga Tim Ahli Kabupaten Gianyar A.A. Rai Budiasa, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, Babinsa, Babinkamtibmas, Kelihan Banjar Dinas se-Desa Kerta dan masih banyak yang lainya.

Undangan memenuhi ruang rapat kantor desa kerta

Musyawarah Desa dimulai pada pukul 09.00 Wita yang diisi dengan beberapa sambutan, mulai dari ketua panitia, Kepala Desa Kerta, dan Ketua BPD Desa Kerta. Pimpinan musyawarah yaitu ketua BPD Desa Kerta menyampaikan beberapa poin yang akan dibahas, diantaranya mekanisme penyusunan RKP-Desa, pencermatan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Desa tahun ke-6, sosialisasi terkait Pemendagri No. 114 Tahun 2014 serta Permendagri No. 20 Tahun 2018, ada juga agenda terkait penyusunan Tim Penyusun RKP atau yang biasa disebut Tim 11, serta penyusun Tim Verifikasi.

Penyampaian materi oleh Tim Ahli Kabupaten Gianyar

Materi Sosialisasi Permendagri No. 20 Tahun 2018 disampaikan oleh Tim Ahli Kabupaten Gianyar, Bapak A.A. Rai Budiasa. Dalam penyampainya ada beberapa perbedaan yang terdapat pada Permendagri ini (Permendagri 20 Tahun 2018) dengan Permendagri sebelumnya (Permendagri 114 Tahun 2014), perbedaan ini antara lain pada permendagri sebelumnya “Kepala Desa dalam melaksanakan pengelolaan keuangan desa, dibantu oleh PTPKD” yang dimana PTPKD sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (3) berasal dari unsur Perangkat Desa,terdiri dari; a. Sekretaris Desa; b. Kepala Seksi; dan c. Bendahara. Sementara itu dalam permendagri yang baru “Kepala Desa adalah PKPKD dan mewakili Pemerintah Desa dalam kepemilikan kekayaan milik Desa yang dipisahkan” ,PPKD terdiri atas; a. Sekretaris Desa; b. Kaur dan Kasi; dan c. Kaur keuangan.

Penyampaian materi musyawarah desa oleh pimpinan musyawarah

Dalam kesempatan ini juga dilakukan pencermatan kembali dari RPJM Desa 2014 – 2019 tahun ke 6 yang belum bisa terlaksana pada masa pemerintahan Kepala Desa. Berhubungan dengan hal ini kemudian dilakukan pembentukan Tim Penyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa 2019 yang bertugas untuk melakukan penyusunan rencana pembangunan Desa Kerta Tahun 2019, berdasarkan hasil musyawarah kemudian disetujui bahwa Ketua Tim Penyusun RKP Desa adalah Sekretaris Desa (I Wayan Sutirta), Ketua LPM Desa Kerta, I Ketut Laba Atmaja sebagai sekretaris tm, kemudian anggota Tim Penyusun RKP berasal dari perwakilan masing-masing Banjar Dinas yang ada di Desa Kerta, anggota tim kemudian berjumlah 9 orang, yaitu; 1) I Made Sutanaya, S.Kom, 2) I Made Dinding, 3) I Putu Adi Suardika, S.IP, 4) I Wayan Ardana, 5) I Kadek Agus Wedhana, S.Pd, 6) I Kadek Duwi Wedhana, S.Pd, 7) I Wayan Rumada, SP, 8) I Made Arnata, 9) I Made Pastana.

Suasana musyawarah Desa Kerta Tahun 2018

Tim verifikasi juga berasal dari perwakilan masing-masing Banjar Dinas yang ada di Desa Kerta, tim ini nantinya akan bertugas memverifikasi terkait kebenaran usulan yang disampaikan oleh berbagai lapisan masyarakat yang nantinya akan dibiayai pada tahun 2019. Tim ini terdiri dari 9 orang yang diketuai oleh I Made Witarjana, I Made Lasiana selaku sekretaris, dan beranggotakan 7 orang yaitu I Wayan Suara, I Ketut Diarsa, I Made Muarah Diana, I Nengah Ardana, Ni Wayan Rita serta I Made Sumada.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan