PILKADA SERENTAK BERLANGSUNG LANCAR DI DESA KERTA

Antusias Masyarakat dalam Rangka Pilakda Serentak 2018

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2018 telah berjalan dengan aman dan tertib di Desa Kerta (27/06/2018). Pilkada serentak kali ini masyarakat desa kerta memilih Gubernur Bali untuk masa jabatan 2018-2023 serta memilih Bupati Gianyar masa jabatan 2018-2023. Seperti sudah diketahui pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang bertarung adalah pasangan no urut 1 I Wayan Koster yang berpasangan dengan Cokorda Oka Arta Ardhana Sukawati (Paket KBS-Ace) serta pasangan no urut 2 Ida Bagus Rai Dharma Wijaya Mantra yang berpasangan dengan I Ketut Sudikerta (Paket Mantra Kerta). Sedangkan untuk pasangan calon bupati yang bertarung yaitu pasangan no urut 1 Cokorda Raka Kertiyasa yang berpasangan dengan Pande Istri Maharani, sementara pasangan no urut 2 I Made Agus Mayastra yang berpasangan dengan Anak Agung Mayun.

Kepala Desa Kerta Meninjau Kegiatan Pilkada di masing-masing TPS di Desa Kerta

Pada pemilihan kali ini warga terlihat sangat antusias dalam memberikan suara pada saat pemilihan seperti yang terpantau di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 5 dan 6 yang berlokasi di Banjar Margatengah, Desa Kerta. Pada kesempatan kali ini juga proses pemilihan dipantau langsung oleh Kepala Desa Kerta I Made Gunawan. Pemantauan serta monitoring ini bertujuan untuk memastikan guna proses pemilihan berjalan dengan aman dan tertib di masing-masing TPS yang ada di Desa Kerta.

Pendistribusian Logistik Pilkada

Proses pemungutan suara diawali dengan penyebaran logistik yang dilakukan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Kerta pukul 06.00 Wita ke masing-masing TPS yang ada di Desa Kerta. Pada tingkat Dusun berdasarkan surat edaran dari Prebekel Kerta dengan nomor surat 270/541/PEM/2018 yang menindaklanjuti surat dari Sekretaris Daerah Kabupaten Gianyar Nomor 270/1692/BID.II/BKBP/2018 masing-masing kepala kewilayahan menyuarakan kentungan untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

Proses Pemungutan Suara

Pemilihan dilakukan mulai pukul 07.00 Wita yang kemudian ditutup pada pukul 13.00 Wita. Berdasarkan pantauan mayoritas TPS yang ada di Desa Kerta dimenangkan oleh pasangan gubernur no urut 1 Paket KBS-Ace sedangkan untuk pemilihan Bupati Semua TPS memenangkan pasangan No Urut 2 Paket AMAN. Seperti contoh misalnya di TPS 5 yang ada di Banjar Margatengah,Desa Kerta Pasangan KBS-Ace memperoleh 335 suara sementara Pasangan Mantra-Kerta memperoleh 12 suara, dan 7 suara dinyatakan tidak sah dari 368 Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS ini. Sementara itu di TPS 2 yang terdapat di Desa Kerta Pasangan KBS-Ace memperoleh 240 suara dan Pasangan Mantra-Kerta memperoleh 105 Suara, serta 15 suara tidak sah.
Hasil dari pemilihan Bupati terpantau di TPS 5 di Banjar Margatengah dimenangkan oleh Paket AMAN yang memperoleh 345 suara sementara paket Kerta-Maha memperoleh 3 suara, sedangkan suara tidak berjumlah 5 surat suara. Tidak berbeda jauh di TPS 6, Paket AMAN memperoleh 335 suara, sedangkan paket Kerta-Maha memperoleh 13 suara, serta suara tidak sah berjumlah 9 surat suara. Secara keseluruhan di Desa Kerta untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur dimenangkan oleh pasangan KBS-Ace yang memperoleh 3.018 (77,09%) suara, sedangkan untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gianyar dimenangkan oleh paket AMAN yang memperoleh 3.572 (90,91%) suara

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan