Badan Eksekutif Mahasiswa Falkultas Pariwisata Universitas Udayana Memilih Desa Kerta Sebagai Lokasi Kersoslimas

KERSOSLIMAS 2018 diselenggarakan oleh BEM Fakultas Pariwisata pada tanggal 2-4 Februari 2018 di Desa Kerta Payangan

kerta.desa.id – Jumat (2/2) mahasiswa Fakultas Pariwisata Universitas Udayana mengadakan pembukaan kegiatan kersoslimas tahun 2018 di Desa Kerta. Adapun lokasi dari kersoslimas kali ini dipusatkan di Bumi Perkemahan Pucak Sari banjar Pilan Desa Kerta. Acara pembukaan kersoslimas ini turut pula dihadiri oleh Kepala Desa Kerta I Made Gunawan yang juga dalam kegiatan ini menjadi narasumber bagi peserta kersoslimas.

Sebelum Acara Pembukaan, Dilakukan Pengarahan Oleh Babinsa Desa Kerta Bapak I Made Arka Mengenai Keadaan Wilayah Desa Kerta

Kersoslimas atau yang biasa disingkat sebagai Kersos adalah Kegiatan Sosial Ilmiah Mahasiswa, tujuan dari kegiatan ini adalah penguatan karakter mahasiswa baru sekaligus memberikan pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan Kersos tahun 2018 ini akan diisi dengan kegiatan ceramah, riset potensi daya tarik wisata, pengabdian masyarakat, olahraga, dan malam Keakraban.

Bapak Dr. I NYoman Sukma Arida S.Si.,M.Si (Baju Putih) Membuka Kersoslimas 2018

Dalam Kersos ini diikuti oleh 140 Peserta, 80 Panitia, dan juga beberapa dosen dari masing – masing Program Studi di Fakultas Pariwisata Udayana. Pembukaan Kersos sendiri berlangsung pukul 11:00 wita oleh Wakil Dekan 3 Fakultas Pariwisata Dr. I Nyoman Sukma Arida, S.Si.,M.Si. Yang kemudian dilanjutkan oleh Kepala Desa Kerta I Made Gunawan SP.,SH.,M.Par selaku narasumber dalam pembukaan kersos kali ini.

Kepala Desa Kerta, I Made Gunawan SP.,SH.,M.Par Menjadi Narasumber dalam Pembukaan Kersoslimas 2018

Dalam pemaparan materinya, Kepala Desa Kerta menyampaikan beberapa hal terkait dengan program Desa Wisata Desa Kerta ini. Kemudian beliau berharap agar kedepannya terjalin kerja sama antar Desa Kerta dengan Fakultas Pariwisata Udayana untuk pengembangan Desa Wisata ini. “Desa Kerta memiliki potensi agrowisata yang sangat potensial, masyarakat desa kerta yang sebagian besar berkecimpung di bidang pertanian jeruk menjadi pendukung utama dalam agrowisata ini. Dan kedepannya saya berharap ada kerja sama yang baik antara Desa Kerta dan Fakultas Pariwisata Udayana untuk pengembangan Masterplan Desa Wisata Kerta”, terang Kepala Desa Kerta.

Dalam Kegiatan Kersos 2018 juga akan diadakan penandatanganan Nota Kesepahaman Kerjasama Desa Kerta sebagai Desa Binaan Fakultas Pariwisata Universitas Udayana. Menindaklanjuti Nota Kesepahaman tersebut akan diagendakan beberapa kegiatan untuk mendorong terwujudnya Desa Wisata Kerta, antara lain : Pembuatan Masterplan Desa Wisata, Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata, pengabdian dosen, dan beberapa penelitian mahasiswa.

“Ke depannya kerjasama ini akan dikembangkan menjadi model kerjasama lima pihak (Penta Helix Collaboratif Model), yaitu : Desa Kerta, Fakultas Pariwisata Udayana, Universitas Gadjah Mada, Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar dan swasta”, tutur salah seorang panitia.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan