Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Astiti Praja Desa Kerta

Rapat Anggota Tahunan Koperasi Astiti Praja Desa Kerta

kerta.desa.id – Bertempat di Ruang Rapat Desa Kerta, Koperasi Astiti Praja mengadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang dihadiri oleh seluruh anggota koperasi Astiti Praja. Dalam RAT kali ini juga turut hadir Bapak Kepala Desa Kerta beserta Staf Desa Kerta. Turut hadir juga Badan Pengawas Koperasi Astiti Praja bersama Ketua Koperasi dan jajarannya.

Peserta RAT adalahPara Anggota Yang Tergabung Dalam Koperasi Astiti Praja

Rapat Anggota Tahunan merupakan agenda wajib setiap badan usaha koperasi, karena di dalamnya akan dibahas tentang pertanggungjawaban pengurus koperasi selama satu tahun kepada anggota koperasi yang bersangkutan. Semakin banyak anggota yang terlibat maka akan semakin baik dan dapat menghasilkan keputusan sesuai dengan kebutuhan anggota koperasi. Adapun beberapa bahasan utama dalam RAT, di antara lainnya adalah :

  • Laporan keuangan tahun anggaran sebelumnya (masih berkaitan dengan laporan keuangan).
  • Rencana bisnis kedepan (forecasting dan business plan).
  • Voting pengurus baru.

Dasar penyelenggaraan Rapat Anggota Tahunan adalah Peraturan Menteri Koperasi dan UKM RI Nomor 19/Per/M.KUKM/IX/2015 :
Bagian Ketiga Rapat Anggota Tertulis Pasal 15

  • Pengurus menyusun dan mengirimkan bahan rapat secara lengkap, jelas, dan mudah dimengerti oleh seluruh anggota, serta disertai dengan lembaran tanggapan dan atau persetujuan setiap anggota, yang dilengkapi dengan bukti tanda terima setiap anggota atau kelompok;
  • Kepada para anggota diberi waktu paling lama 14 (empat belas) hari sejak bahan tersebut diterima untuk memberikan jawaban dari perseorangan dengan menyertakan jawaban masing-masing anggota, yangdisertai daftar hadir yang ditandatangani oleh masingmasing anggota;
    pengurus meneliti, membuat berita acara, dan menyusun hasil tanggapan anggota atau kelompok dan membuat kesimpulan;
  • Keputusan atau kesimpulan yang dibuat oleh panitia sah dan mengikat apabila jumlah jawaban anggota yang masuk mencapai kuorum;dan
  • Kesimpulan atau keputusan sah diterima apabila disetujui atau ditolak oleh sejumlah anggota yang memberikan jawaban sesuai dengan ketentuan dalam Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga

Bagian Keempat Rapat Anggota Melalui Media Elektronik Pasal 16

  • Rapat Anggota dapat juga dilakukan melalui media telekonferensi, video konferensi, atau sarana media elektronik lainnya yang memungkinkan semua peserta saling melihat dan mendengar serta berpartisipasi langsung dalam Rapat Anggota, dengan ketentuan :
  • Pengurus menyampaikan materi dan bahan rapat kepada setiap anggota secara lengkap, jelas, dan mudah dimengerti, selambat-lambatnya 7(tujuh) hari sebelum Rapat Anggota dilaksanakan
    Persyaratan kuorum dan sahnya pengambilan keputusan Rapat Anggota adalah sebagaimana diatur dalam Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga/Peraturan Khusus Koperasi.
  • Persyaratan sebagaimana dimaksud pada hurufb di atas dihitung berdasarkan jumlah peserta yang mengikuti Rapat Anggota melalui media telekonferensi, video konferensi, atau sarana media elektronik lainnya.
  • Rapat Anggota sebagaimana dimaksud pada huruf c wajib dibuatkan risalah rapat yang disetujui dan ditandatangani oleh semua peserta Rapat Anggota.
Penandatanganan SHU 2017 dan Juga Pengesahan Pengurus Tahun 2018

Setelah melaksanakan laporan pertanggungjawaban pengurus terhadap peserta, dalam RAT kali ini juga dilakukan pemilihin pengurus baru oleh peserta RAT. Dan hasil dari pemilihan ini yang ditetapkan menjadi pengurus selama periode 2018 ini masih tetap sama seperti pengurus sebelumnya. Semua keputusan ini sudah diterima oleh semua anggota koperasi Astiti Praja.

Penyerahan Dooprise Kepada Anggota Yang Terpilih

Dan diakhir acara dilaksanakan pengundian doorprise oleh pengurus koperasi berupa 15 buah baju yang di undi secara acak berdasarkan nomor absen dari masing – masing peserta saat menghadiri Rapat Anggota Tahunan ini.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan