Lagi Dan Lagi Jalan Bharata Banjar Margatengah Desa Kerta Mengalami Tanah Longsor

Tanah Longsor Di Jalan Bharata Banjar Margatengah

kerta.desa.id – Longsor kembali terjadi di Jalan Bharata Banjar Margatengah, Desa Kerta pada selasa pagi (23/01). Longsor diakibatkan oleh hujan yang terjadi sepanjang malam dengan intensitas yang sangat tinggi, selain itu kondisi tanah yang labil pasca pengerukan untuk pelebaran jalan semakin menambah parah kondisi. Desember tahun lalu tepat dilokasi yang sama juga terjadi tanah longsor, dan di awal tahun ini telah terjadi dua kali longsor di jurang yang menghubungkan Banjar Kerta dengan Banjar Margatengah ini.

Material Longsor Menutupi Seluruh Badan Jalan

Menurut kepala dusun banjar margatengah I Kadek Duwi Wedhana, pasca pengerukan tebing di sepanjang jurang jalan bharata tersebut mengakibatkan tanah semakin labil sehingga sering terjadi longsor jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi. Beliau berharap agar kedepannya dilakukan proyek penyenderan di lokasi yang rawan longsor, Karena apabila longsor kembali terjadi sangat mengganggu aktivitas masyarakat terutama pelajar yang harus memutar arah melalui jalur belancan kintamani.

Tim BPBD Meninjau Lokasi Untuk Menentukan Langkah Pemberihan Material Longsor

Atas terjadinya tanah longsor ini, Bapak Sekretaris Desa Kerta langsung menghubungi BPBD Gianyar untuk memohon bantuan mengirimkan alat berat agar bisa membersihkan material longsor. Tim BPBD Gianyar tiba dilokasi kejadian sekitar pukul 12:30 Wita dan langsung melakukan pembersihan material longsor. Babhinsa, Babhinkamtibmas, serta masyarakat juga turut membantu membersihkan material longsoran ini.

Alat Berat BPBD Tiba Pukul 12:30 Wita dan Langsung Membersihkan Material Longsor

Karena volume longsoran yang lumayan banyak serta terdapatnya beberapa pohon aren yang ikut tumbang mengakibatkan proses pembersihan ini berlangsung lama, Tim BPBD baru berhasil membersihkan semua material longsoran pukul 21:00 Wita.

Masyarakat Desa Kerta berharap kedepannya Pemerintah Kabupaten Gianyar dapat melakukan penyenderan di wilayah jurang margatengah agar kedepannya tidak terjadi longsor kembali, mengingat jalan ini merupakan jalan akses utama menuju Kebun Raya Gianyar.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan