70 Anggota Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) Kelurahan-Desa di Gianyar Dilantik

Pelantikan PPL Se-Kabupaten Gianyar dan Bimbingan Teknis PPL

kerta.desa.id – Sebanyak 70 Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) Kelurahan/Desa se – Kabupaten Gianyar dilantik di Balai Budaya Gianyar, (18/1). Pelantikan dilakukan oleh perwakilan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan disaksikan oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Gianyar, I Wayan Sudamia, Ketua Panwaslu Kabupaten Gianyar, I Wayan Hartawan, SH. Setelah dilantik PPL ini selanjutnya akan langsung bekerja melakukan pengawasan terhadap jalannya proses tahapan Pemilu di Kabupaten Gianyar.

I Wayan Hartawan mengatakan, sebelum bertugas di lapangan, ke 70 anggota PPL tersebut diberikan bimbingan teknis (bimtek) dengan menghadirkan narasumber dari Bawaslu Provinsi Bali. Dikatakan, petugas PPL yang dilantik saat ini memiliki tugas dan tanggung yang cukup besar karena harus melakukan pengawasan terhadap tiga tahapan Pemilu yakni Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali, pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gianyar serta Pemilihan Legislatif dan Presiden 2019 mendatang. Untuk itu diharapkan anggota PPL memiliki integritas moral dan komitmen serta loyalitas terhadap lembaga sehingga pelaksanaan Pilkada serentak 2018, Pileg dan Pilpres tahun 2019 dapat berjalan dengan sukses.

“Saya melihat keseriusan dari anggota PPL yang baru saja dilantik untuk bekerja secara sungguh – sungguh dan penuh tanggung jawab,” terang Hartawan.

70 Anggota PPL Kelurahan-Desa di Kabupaten Gianyar Dilantik

Hartawan menambahkan, adapun rincian anggota PPL se – Kabupaten Gianyar yakni Kecamatan Gianyar sebanyak 17 orang, Kecamatan Ubud sebanyak 8 orang, Kecamatan Tampaksiring sebanyak 8 orang, Kecamatan Blahbatuh sebanyak 9 orang, Kecamatan Sukawati sebanyak 12 orang, Kecamatan Tegallalang sebanyak 7 orang serta Kecamatan Payangan sebanyak 9 orang. Dari jumlah tersebut, 60 persen diantaranya merupakan yang pernah mengabdikan diri sebagai PPL pada tahun sebelumnya, sisanya sebesar 40 persen merupakan anggota baru.

Asisten Administrasi Umum, I Wayan Sudamia, SH.,MH mengatakan seperti diketahu bersama di tahun 2018, Kabupaten Gianyar akan melaksanakan pemilihan serentak Gubernur dan Wakil Gubernur Bali serta Bupati dan Wakil Bupati Gianyar yang akan dilaksanakan 27 Juni 2018 mendatang. Diharapkan semua elemen yang terlibat didalamnya melaksanakan tugas dan fungsi dan kewajiban dengan baik. Dalam hal ini kerjasama antara Panwaslu Kabupaten Gianyar dengan jajaran aparat keamanan serta Pemerintah Kabupaten Gianyar. Pengawasan terhadap setiap tahapan proses Pilkada sangat menentukan kesuksesan penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Bubernur Bali serta Bupati dan Wakil Bupati Gianyar tahun 2018. Untuk itu, diharapakan kepada petugas PPL yang baru dilantik agar melaksanakan tugas fungai serta amanat yang diberikan dengan sebaik – baiknya. Mampu bekerja secara professional, independen, mandiri, jujur, adil dan bertanggung jawab.

“Kita berkomitmen Pilkada serentak 2018 dapat berjalan dalam suasana yang damai dan kondusif. Melalui proses pemilu yang bermartabat dan demokratis yang akan melahirkan pemimpin daerah yang memperoleh legitimasi masyarakat,” terang Sudamia.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan