KEMBALI, Longsor Dan Pohon Tumbang Menutup Akses Jalan Menuju Kebun Raya Gianyar

Pagi Hari Tadi (17/01) Kepala Desa Kerta Meninjau Langsung Lokasi Tanah Longsor

kerta.desa.id  (17/01/2018) Hujan deras yang terjadi kemarin malam selasa 16/01/2018 mengakibatkan pohon tumbang dan tanah longsor di Jalan Bharata menuju Banjar Margatengah, Desa Kerta, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar. Tanah longsor ini mengakibatkan jalan yang menuju ke Banjar Margatengah, Banjar Seming, Banjar Pilan, Banjar Saren, dan Banjar Bunteh terputus aksesnya karena material tanah longsor dan pohon tumbang menutupi seluruh badan jalan. Hal ini mengakibatkan masyarakat harus memutar jalur menuju ke kintamani yang jaraknya mencapai 10 km.

Pohon Besar dan Material Longsoran Menutupi Seluruh Badan Jalan

Dari keterangan Kepala Banjar Dinas Margatengah I Kadek Duwi Wedhana, longsor terjadi karena hujan dengan intensitas tinggi dan juga sebuah pohon yang memang sudah sangat rawan tumbang karena akibat pelebaran jalan, sehingga pohon tersebut tidak kuat mencengkram tanah. Selain itu tebing di sepanjang Jalan Bharata memang labil dan sering mengalami longsor apabila terjadi hujan dengan intensitas tinggi dan juga dengan durasi yang lama. Ditambah dengan pelebaran Jalan Bharata ini untuk proyek menuju Kebun Raya Gianyar yang harus mengeruk sebagian sisi tebing mengakibatkan tebing menjadi semakin labil.

Upaya Pembukaan Jalan Agar Sepeda Motor Dapat Melintas

Pada pagi hari tadi, Kepala Desa Kerta bersama Bapak Babinsa Kerta dengan masyarakat berupaya membersihkan material tanah longsor, namun karena volume material dan juga banyak terdapat batang pohon besar sangat menyulitkan warga untuk membersihkannya. Warga hanya mampu membersihkan material sedikit di sisi jalan agar kendaraan roda dua dan juga pelajar bisa melewatinya. Kemudian Bapak Kepala Banjar Dinas Margatengah bersama Bapak Sekretaris Desa Kerta berupaya menelpon BPBD Gianyar untuk memohon mengirimkan alat berat agar memudahkan pembersihan material tanah longsor. Pukul 10:30 Wita alat berat tiba dilokasi dan langsung membersihkan material longsor tersebut, Dibantu juga oleh mobil Pemadam Kebakaran Kabupaten Gianyar untuk membersihkan jalan dari lumpur.

Alat Berat Dari BPBD Gianyar Berupaya Membersihkan Material Longsor

Pembersihan material longsor ini berlangsung sampai dengan pukul 16:30 Wita. Masyarakat berharap agar selanjutnya tebing yang berada di sepanjang jalan bharata tersebut dapat di alokasikan dana untuk proyek senderan. Karena menurut masyarakat, apabila hujan dengan intensitas tinggi kembali terjadi maka tidak menutup kemungkinan longsor susulan akan terjadi kembali, mengingat sudah seringnya terjadi tanah longsor di sepanjang jalan Bharata ini.

Tim Pemadam Kebakaran Mengerahkan Satu Unit Mobil Damkar Untuk Membersihkan Sisa Lumpur

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan