Musyawarah Desa Penetapan Rancangan Peraturan Desa Tentang APBDesa Tahun 2018

Musyawarah Desa Penetapan Rancangan Peraturan Desa Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun 2018

kerta.desa.id – Bertempat di Ruang Rapat Kantor Desa Kerta, pada hari kamis tanggal 28 Desember 2017 dilaksanakan Musyawarah Desa Penetapan Rancangan Peraturan Desa Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) Tahun 2018. Adapun peserta musyawarah desa pada kesempatan ini adalah Kepala Desa Kerta beserta perangkat Desa Kerta, BPD Desa Kerta, Kelian Banjar Dinas se-Desa Kerta, dan juga masyarakat Desa Kerta.

Kepala Desa Kerta Saat Memaparkan Rancangan APBDesa Kerta Untuk Tahun 2018

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 113 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa, pasal 2 menegaskan asas – asas dalam pengelolaan dana desa, diantaranya adalah transparan, akuntabel, partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran. APBDesa merupakan dokumen penting bagi desa yang menentukan langkah keberlanjutan pembangunan dan jalannya pemerintah di desa ke depan. Apabila APBDesa telah ditetapkan pemerintah desa pada awal tahun, desa telah dapat melakukan persiapan lebih awal untuk pelaksanaan program pembangunan desa.

Sesi Tanya Jawab Dengan Masyarakat Terkait Dengan APBDesa Tahun 2018

Sebelumnya Tim Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKP) telah menyusun rencana kerja untuk tahun 2018 berdasarkan usulan – usulan yang masuk dari masyarakat ataupun berdasarkan usulan dari tahun – tahun sebelumnya yang belum bisa dikerjakan. Setelah selesai penyusunan RKP kemudian dilanjutkan dengan rapat internal antara Kepala Desa beserta perangkat desa dengan Badan Permusyawaratan  Desa (BPD). Setelah BPD menyetujui RKP tersebut barulah dilanjutkan dengan Musyawarah Desa yang mengundang Masyarakat Desa Kerta.

Tidak seperti di tahun 2017 yang sebagian besar anggaran dialokasikan untuk pembangunan jalan – jalan desa yang rusak, di tahun 2018 ini sebagian besar anggaran dialokasikan untuk pengembangan Seni, Kebudayaan dan Olahraga, serta untuk pembangunan Desa Wisata yang proyeknya sudah berjalan dari tahun – tahun sebelumnya. Kepala Desa Kerta berharap agar dengan adanya musyawarah desa ini, masyarakat menjadi tau tentang penggunaan anggaran desa, agar sesuai dengan asas transparan, akuntabel, partisipatif.

Penyerahan Kenang – Kenangan Kepada Mantan Sekretaris Desa Kerta

Di akhir acara dilakukan penyerahan kenang – kenangan kepada mantan sekretaris desa kerta yang di pindah tugaskan untuk mengelola Kebun Raya Gianyar, dan juga untuk Kaur Kesra Desa Kerta yang masa jabatannya berakhir di tahun 2017. Musyawarah Desa ini di tutup dengan makan siang bersama yang semua masakan yang disajikan, dibuat sendiri oleh perangkat Desa sebagai wujud syukur untuk menutup akhir tahun ini.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan