Rapat Koordinasi Program Yayasan Peduli Kemanusiaan Bali di Desa Kerta

Rapat Koordinasi Program Kerja Yayasan Peduli Kemanusiaan Bali

kerta.desa.id (22/12/2017)   Bertempat di Ruang Rapat Kantor Desa Kerta, Yayasan Peduli Kemanusiaan Bali atau YPK Bali mengadakan sosialisasi dan pembahasan untuk program kerja kemanusiaan mereka di Desa Kerta untuk tahun 2018. Dalam pembahasan ini dihadiri oleh Bapak Kepala Desa Kerta I Made Gunawan, Kepala Banjar Dinas se-Desa Kerta, Kader Posyandu se-Desa Kerta, dan juga dari Pihak YPK Bali.

Yayasan Peduli Kemanusiaan Bali merupakan yayasan sosial yang didirikan sejak tahun 2001. Pelayanan YPK bertujuan untuk membantu orang dengan gangguan fisik agar mampu meningkatkan kesehatan dan menjadi mandiri serta percaya diri. Gangguan fisik yang dimaksud disebabkan oleh stroke, pasca patah tulang, gangguan otot, kelainan postur tubuh, dan gangguan tumbuh kembang pada anak.

Program Pembinaan Yayasan Peduli Kemanusiaan Bali

Adapun program pelayanan Yayasan Peduli Kemanusiaan Bali meliputi; Program Rehabilitasi yaitu melalui layanan fisioterapi, terapi okupasi, latihan gym, terapi bicara, kelas memasak, kelas kehidupan sehari – hari dan terapi kebun diharapkan dapat meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, keseimbangan dan daya tahan untuk meningkatkan fungsional pasien. Program pendidikan nonformal yaitu melalui layanan ini, diharapakan dapat membantu anak dengan disabilitas fisik yang tidak dapat bersekolah untuk memperoleh pendidikan dan meningkatkan keterampilan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan anak.

Program Terapi Yayasan Peduli Kemanusiaan Bali

Program klinik keliling yaitu program untuk memberikan pelayanan bagi mereka yang tidak bisa menjangkau pusat rehabilitasi YPK Bali dengan berkeliling ke desa – desa di seluruh Bali untuk memberikan layanan kesehatan fisioterapi dan terapi okupasi. Program Bali rungu yaitu program untuk membantu masyarakat yang mengalami gangguan pendengaran melalui bantuan alat bantu dengar dan akses pemeriksaan kesehatan telinga dan pendengaran sebagai salah satu kampanye untuk mengurangi kasus gangguan pendengaran.

 

Dari pembahasan yang dilakukan oleh Yayasan Peduli Kemanusian Bali bersama Kader Posyandu yang dipimpin oleh Kepala Desa Kerta, maka akan dibuat Posko untuk tempat Yayasan Peduli Kemanusian Bali memonitor perkembangan masyarakat yang akan mendapatkan bantuan, serta apabila terdapat masyarakat yang tidak bisa datang langsung ke Posko maka tim YPK Bali siap untuk menjemput pasien kerumah masing – masing menggunakan mobil klinik keliling. Selain itu Kepala Desa Kerta juga menyambut baik kegiatan ini karena sangat membantu sekali untuk masyarakat yang kurang mampu dan juga membutuhkan bantuan perawatan.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan