Musyawarah Masyarakat Desa dan Pembahasan Hasil Survei Mawas Diri

Penyerahan Hasil Survei Mawas Diri Kepada Kepala Desa Kerta

kerta.desa.id  (05/12/2017) Bertempat di Ruang Rapat Kantor Desa Kerta, UPT Kesmas Payangan melaksanakan kegiatan yang berjudul “Musyawarah Masyarakat Desa dan Pembahasan Hasil Survei Mawas Diri”. Dalam musyawarah kali ini di hadiri oleh beberapa staff dari UPT Kesmas Payangan, Kader Posyandu dari masing – masing banjar yang ada di Desa Kerta, beserta Kepala Dusun dan anggota LPM dari masing – masing banjar dinas. Pada musyawarah kali ini dibuka langsung oleh Bapak Kepala Desa Kerta I Made Gunawan.

Kepala Desa Kerta Bersama Perwakilan UPT Kesmas Payangan

Adapun survei yang dilakukan beberapa waktu sebelumnya mengambil sampel atau responden 220 Kepala Keluarga di wilayah Desa Kerta dan kemudian didapat hasil survei yang dibacakan langsung oleh staff UPT Kesmas Payangan. Dalam hasil survei ditemui beberapa permasalahan dari responden yang dijadikan sampel, antara lain : di peringkat pertama permasalahan yang dihadapi adalah banyaknya KK yang belum menggunakan garam beryodium, selanjutnya adalah angka perokok yang sangat tinggi di wilayah desa kerta yakni mencapai 77,47 %, pemantauan kesehatan lansia belum dilakukan secara optimal, mayoritas KK belum memiliki JKN, masih banyak KK yang belum terbiasa mencuci tangan dengan sabun, masih banyak KK yang belum mengkonsumsi makanan dengan pola menu yang seimbang, ketersediaan sarana dan prasarana posyandu lansia dan posbindu belum optimal, dan masih ada beberapa permasalahan yang lainnya. Kemudian permasalahan – permasalahan tersebut dibahas dalam musyawarah masyarakat desa ini untuk kemudian mencari solusi dari permasalahan tersebut.

Dari hasil pembahasan mengenai permasalahan yang ada didapatkan beberapa solusi untuk masalah yang dianggap paling mendesak untuk ditindak lanjuti. Untuk permasalahan kurangnya penggunaan garam beryodium, Kepala Desa Kerta memerintahkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) untuk menyediakan garam beryodium dan menjadi distributornya. Selanjutnya untuk permasalahan angka perokok yang tinggi akan diadakan penyuluhan mengenai bahaya merokok serta disarankan dari pihak UPT Kesmas Payangan untuk memasukkan aturan kawasan tanpa rokok ke dalam peraturan adat. Selanjutnya akan dibuat Posbindu untuk meningkatkan pelayanan terhadap lansia dan juga mensosialisasikan posbindu agar para lansia semakin sadar akan pentingnya memeriksakan kesehatan. Untuk program JKN akan diadakan sosialisasi untuk pembuatan JKN Mandiri serta saran dari UPT Kesmas Payangan agar perangkat desa mendata ulang kepemilikan JKN di wilayahnya.

Kader Posyandu Didampingi UPT Kesmas Payangan Memperagakan Baimana Mencuci Tangan Dengan Baik dan Benar

Selanjutnya Kader Posyandu didampingi oleh staff UPT Kesmas Payangan memperagakan bagaimana mencuci tangan dengan baik dan benar. Di akhir acara Bapak Kepala Desa Kerta I Made Gunawan menyampaikan komitmennya untuk mendukung dan melaksanakan hasil Musyawarah Masyarakat Desa ini agar selanjutnya menjadikan Desa Kerta semakin maju dalam pelayanan kesehatan. Kemudian sebagai penutup musyawarah, perwakilan dari UPT Kesmas Payangan menyerahkan hasil survei kepada Bapak Kepala Desa Kerta I Made Gunawan.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan