Membangun Desa Wisata Untuk Kesejahteraan Masyarakat Desa

Para Peserta Workshop Bersama Narasumber dan Dinas Pariwisata Gianyar

kerta.desa.id Kamis (30/11/2017) bertempat di Wanara Wana Monkey Forest Ubud, Dinas Pariwisata Gianyar menyelenggarakan Workshop Desa Wisata yang mengambil tema “Membangun Desa Wisata Untuk Masyarakat Desa”. Dalam workshop kali ini mengundang Kepala Desa dan Pengelola Desa Wisata yang ada di Kabupaten Gianyar, dan salah satunya adalah Desa Kerta. Adapun narasumber yang dihadirkan antara lain I Nyoman Sukma Arida yang merupakan pengajar Fakultas Pariwisata Universitas Udayana, Bapak Buana yang merupakan Manajer dari Monkey Forest Ubud, dan yang terakhir Jero Mangku Kandia yang merupakan penggiat Desa Wisata.

Peserta Workshop Desa Wisata Termasuk Kepala Desa Kerta

Acara dibuka oleh perwakilan dari Dinas Pariwisata Gianyar, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan bagaimana manajemen pengelolaan desa wisata oleh Bapak I Nyoman Sukma Arida. Dalam pemaparannya beliau menyampaikan langkah – langkah strategis  untuk mengembangkan potensi desa menjadi desa wisata, antara lain : identifikasi potensi desa, identifikasi permasalahan, komitmen yang kuat, identifikasi dampak, menggandeng pemerintah daerah dan jika perlu menggandeng pihak swasta, aturan/regulasi, capacity building, promosi, dan studi banding. Kemudian dilanjutkan oleh Bapak Buana yang memaparkan bagaimana membangun identitas Desa Wisata atau Branding, beliau menjelaskan bagaimana melakukan proses komunikasi untuk membangun dan membesarkan sebuah potensi yang akan dijual nantinya. Dan yang terakhir adalah Jero Mangku Kandia yang berbagi cerita bagaimana beliau memulai terjun dan mempromosikan desanya sebagai desa wisata.

Penyuluh DBT Menyampaikan Tentang Domain desa.id dan Platform sideka.id Untuk Menunjang Promosi Desa Wisata

Di akhir acara para peserta melakukan diskusi dengan desa masing – masing untuk membahas bagaimana membangun desa wisata kemudian perwakilan dari masing – masing desa memaparkan bagaimana cara mereka mengembangkan potensi di desanya masing – masing untuk kemudian bisa membangun desa wisatanya. Pada kesempatan yang baik ini, Penyuluh Desa Broadband Terpadu dari Desa Kerta yaitu I Wayan Erna Suyana juga memperkenalkan domain desa.id dan platform sideka.id sebagai media penunjang untuk promosi desa wisata dikemudian hari.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan