Abu Vulkanik Gunung Agung Sudah Mencapai Wilayah Desa Kerta

kerta.desa.id Gunung Agung di wilayah kabupaten Karangasem, Bali mulai terlihat aktivitas erupsi sejak tanggal 25 Nopember 2017. Erupsi yang terjadi menurut Sutopo Purwo Nugroho selaku Humas BNPB melalui akun Twitternya sudah merupakan erupsi tipe magmatik. Akibat erupsi ini Gunung Agung menyemburkan asap dan abu kelabu lebih dari 3000 meter ke udara.

Terdapat Abu Vulkanik di Permukaan Daun Yang Berda di Sekitar Kantor Desa

Sejumlah daerah sudah melaporkan terjadinya hujan abu di wilayahnya. Termasuk di Desa Kerta yang berjarak kurang lebih 65 kilometer dari Gunung Agung pagi ini sudah mulai merasakan adanya abu yang turun akibat dari erupsi. “Saat saya berangkat kerja menggunakan sepeda motor, mata saya merasakan sesuatu yang perih seperti ada pasir yang masuk ke mata, udara juga mulai berbau pengap,” ujar Made Sutanaya salah seorang pegawai di Kantor Desa Kerta.

Di SDN 1 Kerta para Guru juga sudah membagikan masker kepada masing – masing muridnya untuk menghindari terhirupnya abu ke sistem pernafasan. Dikutip dari situs bnpb.go.id bahwa Abu vulkanik sangat berbahaya bagi mereka yang menderita penyakit pernafasan, juga anak-anak dan lansia.

Siswa SDN 1 Kerta Menggunakan Masker

Masih dari situs bnpb.go.id, berikut hal – hal yang perlu anda perhatikan saat terjadi hujan abu vulkanik. Segera tutup semua jendela, pintu dan sumber ventilasi, seperti ventilasi cerobong asap atau tungku. Matikan AC dan sistem pemanas, serta pindah ke ruang interior tanpa jendela yang berada di atas permukaan tanah. Untuk melindungi diri anda dari jatuhan abu vulkanik, cobalah untuk tetap di dalam rumah dan tempatkan handuk lembab di antara pintu dan tanah. Jika anda pergi ke luar, gunakan lengan panjang dan celana panjang, gunakan masker sekali pakai dan gunakan kacamata.

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. Made Budana berkata:

    Saya kebetulan sedang berada di br. Margetengah, adanya abu vulkanik memang sudah terasa sampai disini, kalau akan melakukan aktifitas di luar ruangan lebih baik pergunakan 😷 masker.

Tinggalkan Balasan