Workshop Pengenalan Bunga Lipstik “Soeka” Dan Cara Perbanyakannya

kerta.desa.id Senin (20/11/2017) bertempat di Ruang Rapat Pemerintahan Kantor Desa kerta, Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya LIPI bersama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gianyar mengadakan pelatihan yang berjudul “Workshop Pengenalan Bunga Lipstik “Soeka” Dan Cara Perbanyakannya”. Adapun kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gianyar, Ristek Dikti, LIPI, Kepala Desa Kerta, Jegeg Bagus Gianyar,Instansti terkait di Kabupaten Gianyar, dan juga tokoh tokoh masyarakat di Desa Kerta. Sebagai narasumber dalam pelatihan ini adalah Ibu Dr. Sri Rahayu dari Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya LIPI.

Praktek Memperbanyak Bunga Lipstik Oleh Dr. Sri Rahayu

Dalam pelatihan ini selain menerangkan apa itu bunga lipstik, narasumber juga mempraktekkan bagaimana cara memperbanyak bunga tersebut. Dan hal ini di praktekkan langsung oleh para peserta, sehingga diharapkan setelah pelatihan ini para peserta bisa memperbanyak tanaman ini di lingkungan rumah masing-masing.

Bunga Lipstik “Soeka” atau yang memiliki nama ilmiah Aeschynanthus merupakan bunga lipstik hasil persilangan antara dua spesies yang berbeda, yaitu antara Aeschynanthus radicans kelopak hijau dengan Aeschynanthus tricolor. Kedua spesies induk tersebut merupakan tumbuhan koleksi Kebun Raya Bogor yang berasal dari dataran rendah Kalimantan. Persilangan dilakukan tahun 2002 oleh Dr. Sri Rahayu, staf peliti Kebun Raya – LIPI. kemudian dilakukan seleksi terhadap turunan hasil silangan yang kemudian berbunga pertama kali pada tahun 2006.

Bunga Lipstik “SoeKa” memiliki ciri baru yang khas, yaitu adanya pola garis gelap pada tabung mahkota bagian luar sehingga bercorak lurik. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri karena bunga lipstik yang ada di pasaran selama ini berwarna polos.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan