“GELAGAR” Tarian Sakral Yang Mengisahkan Para Panca Pandawa

Saat Penari Memasuki Areal

kerta.desa.id  Gelagar merupakan sebuah tari wali yang dipentaskan pada saat hari raya Galungan bertempat di Pura Bale Agung Banjar Margatengah Desa Kerta Kecamatan Payangan Gianyar. Tarian ini merupakan salah satu tari sakral dan Gelagar diyakini hanya terdapat di desa yang merupakan desa “Bali Aga” dan Banjar Margatengah merupakan salah satunya, berdasarkan lontar Sukawana.

 

Dari informasi yang penulis dapatkan dari salah seorang Prajuru (tokoh adat), dikatakan bahwa Gelagar mengisahkan tentang para Panca Pandawa yang terdiri dari Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sahadewa yang saat itu diasingkan ke hutan. Berbagai macam hal terjadi pada saat masa pengasingan, salah satunya ialah ketika para Panca Pandawa bertemu dengan para bidadari yang turun dari kahyangan untuk menebarkan benih – benih padi ke muka bumi.

Dikisahkan pada saat itu para Pandawa ditugaskan untuk merawat benih – benih padi tersebut hingga bisa menghasilkan, pada saat para Pandawa merawat benih tersebut banyak mendapat gangguan dari para Bhuta Kala (Makhluk gaib) sehingga terjadi pertarungan hebat antara kedua belah pihak tersebut, namun semua gangguan tersebut berhasil mereka hadapi. Dari keberhasilannya menjaga benih padi tersebut hingga menghasilkan, di kemudian hari Panca Pandawa mendapatkan Suargha Loka dan didampingi oleh para bidadari tersebut.

Penari Melakukan Prosesi Glagar

Maka dari itu pementasan Tari Gelagar tersebut mewakili cerita dari para Panca Pandawa. Tarian gelagar  diawali terlebih dahulu dengan tarian pendet yaitu tarian yang mengisahkan penebaran benih padi oleh bidadari kemudian ditarikan oleh krama Daha (remaja wanita) membawa bija yang melambangkan benih padi tersebut, kemudian krama Truna (remaja pria) melakukan pementasan gelagar yang yang menyimbolkan dari Panca Pandawa yang datang dari Nista Mandala menuju Madya Mandala untuk melakukan pementasan atau pertarungan di madya mandala, kemudian di akhiri dengan para penari memasuki area Utama Mandala yang mengisahkan sudah memasuki Suarga Loka. Demikian ringkasan singkat mengenai tarian gelagar.

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan